IKLAN

readbud - get paid to read and rate articles

Selasa, 10 April 2012

Mengenal Bahasa Pemrograman Java

Apa sih program komputer itu?

Program komputer merupakan kumpulan instruksi-instruksi yang hanya dimengerti oleh komputer. Kumpulan instruksi ini ditulis oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer dengan tujuan supaya komputer dapat menjalankan pekerjaan-pekerjaan manusia sesuai dengan instruksi yang telah diberikan. Kurang lebih seperti itulah pengertian sederhananya.

Bahasa Pemrograman Komputer

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan oleh komputer untuk melakukan suatu tugas tertentu. Pada dasarnya, komputer hanya mengenal dua macam simbol, yaitu 0 dan 1 (disebut juga bahasa binary). Bahasa binary ini kemudian diterjemahkan menjadi bahasa tingkat tinggi (bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia) dengan bantuan compiler  (alat yang digunakan untuk menerjemahkan dari bahasa manusia ke bahasa binary/mesin).

Saat ubu sudah banyak sekali bahasa tingkat tinggi yang digunakan, user friendly, dan mudah dimengerti oleh pengguna. Bahasa-bahasa tersebut diantaranya FORTRAN, C, C++, Pascal, BASIC, Java, C#, Perl, dan sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar